Contoh Penelitian Sosial Kelas XII IPS Pengaruh BerwirausahaContoh Penelitian Sosial Kelas XII IPS Pengaruh Berwirausaha - Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang
Contoh Penelitian Sosial Kelas XII IPS Pengaruh Berwirausaha, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.
PENGARUH BERWIRAUSAHA DALAM KEMANDIRIAN SISWA SMA N 1 JERUKLEGI TAHUN 2013
Disusun Oleh : Grizenzio Orchivillando
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA SMA NEGERI 1 JERUKLEGI KABUPATEN CILACAP 2013
Penelitian pengaruh berwirausaha dalam kemandirian siswa SMA N 1 Jeruklegi sebagai judul, membuat saya bersiap untuk melakukan penelitian ini yang disarankan ketika seorang kriktikus harus berhadapan dengan karya memuat penggambaran tentang kemandirian seorang siswa. Dengan cara ini saya harus berpijak pada jati diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keminatan berwirausaha pada diri Siswa SMA N 1 Jeruklegi.
· Persembahan Untuk Guru dan Siswa
Penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
· Allah SWT atas limpahan dan karunia dan hidayahnya sehingga Penulis dapat menyelesaikan penelitian
· Bapak Sugimin Spd selaku pembimbing utama
· Bapak Kepala SMA N 1 Jeruklegi Drs. Bangun Sukarjo, MM.Pd
· Guru-guru SMA N 1 Jeruklegi
· Siswa-siswi SMA N 1 Jeruklegi atas kerjasamanya selama mengerjakan penelitian
· Kedua orang tua saya yang telah membantu dan mendukung saya dalam mengerjakan penelitian ini
· Dan Website penyedia informasi yang baik.
Persembahan
Laporan ini saya persembahkan kepada:
1. Orang tua saya tercinta
2. Bapak Drs. Bangun Sukarjo, MM.Pd
3. Bapak Sugimin Spd selaku Guru Pebimbing SMA N 1 Jeruklegi
4. Semua yang telah mendukung kegiatan ini
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri
Kepala SMA N 1 Jeruklegi Guru Pebimbing
Drs. Bangun Sukarjo, MM.Pd Bapak Sugimin Spd
Pengaruh Kewirausahaan terhadap Kemandirian Siswa SMA N 1 Jeruklegi
Dalam negara yang sedang membangun siswa memiliki peranan yang penting. Melalui latihan dan praktik kerja disekolahan maupun di dunia usaha dan dunia industri diharapkan motiavasi kewirausahaan tumbuh. Sikap kewirausahaan an melekat pada diri siswa dapat menghasilkan produktifitas kerja yang dapat berguna bagi diri sendiri, masyarakat dan bangsa populasi penelitian ini adalah Siswa SMA N 1 Jeruklegi dalam bidang berwiarausaha. Penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif terhadap dan signifikan antara pembelajaran dan praktik terhadap sikap kewirausahaan siswa dengan determinasi motivasi berwirausaha terhadap sikap kewirausahaan siswa dengan pembelajaran praktik memiliki pnegaruh yang besar dibandingkan motivasi berwirausaha terhadap sikap kewirausahaan. Berwirausaha adalah hal yang baik untuk melatih diri menuju kesuksesan. Beriwrausaha mengajarkan kepada siwa atau anak bagaimana susahnya mencari uang. Berwirausaha juga mengajarkan anak untuk mandiri agar tidak meminta uang kepada orang tua. Kebanyakan anak Jaman sekarang tidak bisa mandiri karena selalu dipenuhi apa yang diinginkan tak jarang anak Jaman sekarang kebanyakan malu atau gengsi jika berjualan dan tidak ada yang berminat berwirausaha. Pada dasarnya berwirausaha melatih kita untuk belajar menari. Misal siswa SMA negeri ada yang sudah sekolah sambil berjualan entah itu kue ataupun sekedar makan ringan. Untungnya bisa digunakan untuk uang saku ataupun untuk ditabung. Agar tidak selalu meminta kepada orang tua. Namun itu jarang terlihat di SMA N 1 Jeruklegi walaupun ada paling hanya satu atau 2 orang. Kebanyakan anak sekarang malu/gengsi. Namun hal tersebut justru mengajarkan siswa itu sendiri menjadi mandiri. Didalam mata pelajaran kita juga diajarkan bagaimana cara untuk berwirausaha dengan baik ketekunan dan kesabaran yang menjadi kunci sukses dalam berwirausaha mungkin kalo dibilang anak jaman sekarang mudah putus asa atau mudah menyerah karena tidak sabar dalam melakukan hal-hal tertentu. Pembelajaran dalam berwirausaha mampu mencerminkan sikap siswa yang ingin maju keingintahuan siswa terhadap berwirausaha untuk membekali diri manuju kemandirian. Oleh karena itu siswa dituntut untuk saling membekali diri dengan terus belajar bagaimana cara berwirausaha dengan baik dan benar.
1. Kemampuan siswa dalam berwirausaha berbeda-beda. 2. Minimnya rasa percaya diri untuk mencoba berwirausaha. 3. Berwirausaha penting untuk membekali diri menuju kesuksesan.
Populasi penelitian ini adalah Siswa SMA N 1 Jeruklegi pada tahun 2013 dalam bidang berwirausaha sebagai sampel penelitian diambil siswa. Hasil penelitian menunjukan terhadap pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran praktik terhadap sikap kewirausahaan siswa dengan determinasi terdapat pengaruh positif dan antara motivasi.
1. Mengapa siswa tidak berminat berwirausaha? 2. Apa pengaruh berwirausaha bagi siswa?
Kami peneliti hanya ingin tahu seberapa menitan siswa dalam berwirausaha dan apa pengaruh berwirausaha dalam kehidupan para siswa. Riset menunjukan bahwa minimya sisa yang berminat untuk berwirausaha sehingga banyak siswa yang tidak bisa mandiri atau sulit untuk mandiri.
Agar mengetahui dan memahami sifat para siswa terhadap keminatan berwirausaha dan kemampuan dalam berwirausaha. Sehingga menunjukan siswa yang mandiri.
Pengertian dan definisi kewirausahaan menurut beberapa ahli:
- Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. - Wirausaa adalah sosok pengambil resiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis menerima keuntungan finacial ataupun non uang. - Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
- Kewirausahaan adalah Kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan mengatur, mengelola bisnis dengan menerima keuntungan memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang yang ada.
Pengertian dan Definisi Kemandirian Menurut Para Ahli.
1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia - Kemandirian adalah keadaan dapat berdiri sendiri tanpa tergantung pada orang lain 2. Menurut Mungin Eddy Wibowo - Kemandirian diartikan sebagai tingkat perkembangan sesorang dimana ia mampu berdiri sendiri dan mengandalkan kemampuannya sendiri dalam melakukan berbagai kegiatan dan menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.
- Kemandirian adala Proses sebagai keadaan dapat berdiri sendiri tanpa bantuan siapapun.
Berdasarkan landasan teori yang dikemukakan, maka dapat dirumuskan hipotesis bahwa ada pengaruh berwirausaha terhadap kemandirian siswa di SMA N 1 Jeruklegi tahun 2013
Penelitian ini dilaksanakan pada 1 Oktober – Desember 2013 yang secara lengkap kami cantumkan jadwal.
| | |
| | |
| | |
| | |
| | Penyusunan dan Laporan Presentasi |
Jalan Raya Jeruklegi No. 23 Telepon/Fax (0282) 5073854 @e-mail : sma1_jeruklegi@yahoo.co.id
Populasi menurut Sugiyono (2011:117-118) adalah wilayah generalasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan krakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi menurut Aritkamto (2010:123) adalah Keseluruhan subjek penelitian. Populasi menurut Widiyanto (2010:5) adalah Suara kelompok atau kumpulan subjek atau objek yang akan di generasikan dari hasil penelitian.
*Penelitian ini mengambil populasi semua siswa-siswi SMA N 1 Jerukelgi tahun 2013
Peneliti menerapkan sistem stratified Random Sampling dengan memlih secara acak satu orang siswa dan satu orang siswi dari masing-masing kelas di setiap angkatan yakni kelas X, XI, dan XII
Berdasarkan jeis analisa penelitian maka penelitian dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
1. Penelitian Kuantitatif Pada penelitian ini teknik analisanya menggunakan pedekatan rumus (Mean, Median, Modus) atau menggunakan produk momen.
Pada penelitian ini penelitian diselesaikan dengan pendekatan Reduksi data secara jelas digambarkan dengan bagan reduksi bagan tersebut. D. Teknik Pengumpulan Data
*Peneliti menggunakan data kualitatif, yakni berupa data berbentuk narasi yang diperoleh dari subjek. Sumber data adalah primer, yakni data yang didapat langsung atau dari sumber pertama seperti dalam penelitian ini berupa data yang dihasilkan dari wawancara dengan perwakilan siswa yang terpilih.
Pengaruh Berwirausaha Dalam Kemandirian Siswa SMA N 1 Jeruklegi |
Nomor : 02/50/2013 Cilacap, 3 Oktober 2013
Berdasarkan surat ini kami peneliti dengan ini memohon kerelaan hati Responden untuk mengisi angket tentang pengaruh berwirausaha dalam kemandirian siswa SMA N 1 Jeruklegi. Kami mengharapkan apa yang diisikan responden adalah kemandirian siswa di SMA N 1 Jeruklegi tahun 2013.
Demikian surat ini kami sampaikan atas perhatiannya dan kerjasama kami ucapakan terima kasih.
|
Pengaruh Berwirausaha Dalam Kemandirian Siswa SMA N 1 Jeruklegi |
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik!
1. Usia berapa anda mencoba berwirausaha?
2. Apakah anda pernah mencoba berwirausaha?
3. Apa yang anda rasakan dalam melakukan wirausaha?
4. Dampak postif dari berwirausaha?
5. Dampak negatif dari berwirausaha?
6. Apakah orang tua anda mengijinkan anda berwirausaha?
7. Apa yang anda lakukan ketika berwirausaha?
8. Apakah anda pernha gagal dalam berwirausaha?
9. Berapa kali anda gagal dalam berwirausaha?
|
Sumber
Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel
Contoh Penelitian Sosial Kelas XII IPS Pengaruh Berwirausaha
Artikel Terkait: